Assalamu'alaikum_Selamat datang di blog Media Al-Ishlah_Disini kami menyediakan beragam informasi_Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat_Silahkan tinggalkan pesan jika ada yang perlu ditanyakan_Terimakasih atas kunjungan anda

Senin, 10 Desember 2012

Bolu Gulung Khas Jepang "Oisi Deshu Yo"

Assalamu'alaikum...
Apa kabar teman-teman semua, akhi dan ukhti semua... hmm... malam2 seperti ini iseng-iseng ana nyari nyari info tentang software terbaru. Tapi tidak sengaja mampir di situs kuliner dan ternyata setelah ana baca kok menarik banget. Karena itu ana mau meneruskan untuk bagi2 infonya... 
Kali ini mengenai resep kuliner yaitu untuk membuat BOLU GULUNG KHAS JEPANG atau yang bernama OISI DESHU YO...
seperti ini gambar yang ana dapat dari situs nya seperti ini:



Wah... dari gambarnya saja sudah menarik bukan,, 
Cake gulung/bolu gulung dengan aneka warna dan gambar di permukaannya memang benar-benar menawan. 
terutama untuk yang putri yang biasanya suka memasak atau membuat kue.... 

Sebenarnya cara pembuatan adonan hingga menggulungnya sederhana saja tetapi bagi seorang pemula membuat atau melukis adonan ke loyangnya yang membutuhkan waktu, lebih lama lagi jika banyak motif dan warna, terlebih lagi bila dikerjakan oleh yang lagi amatiran, hehe. Hasilnya juga untung-untungan, untung kalau tidak gagal, walaupun terkadang berhasil tetapi tidak jarang sebagian motifnya menempel pada kertas roti. Waktu pemanggangan juga berpengaruh, bila lewat dari waktu yang ditentukan akan berkemungkinan motifnya lebih banyak yang menempel, warnanya jadi berubah menjadi lebih gelap a.k.a gosong. Untuk desainnya saya gambar manual dari hasil pencarian di internet. Sebenarnya lebih cepat dan praktis bila ada lembaran cetakan motif silikonnya tapi dari web yang ana liha itu, di TBK online lokal belum ada yang menjual, jikapun nanti ada, sepertinya bakal mahal.kalau sobat ingin melihat videonya bisa langsung buka DISINI

dan ini beberapa contoh ambarnya:













Resepnya saya pakai resep Junko dari bukunya yang berjudul Chao Roll Deco building more! Roll Cake Patterns.
Teknik pembuatan bisa dilihat DISINI.

Super Soft & Kawaii Decorated Japanese Roll Cake
(Source:  Chao Roll Deco building more! Roll Cake Patterns Book by Junko)

Bahan:
Adonan kuning telur:
6 btr kuning telur
20 gr gula
60 gr fresh milk
45 gr minyak sayur/minyak goreng
100 gr tepung terigu protein rendah
15 gr tepung maizena

Untuk dekorasi/gambar:
20 gr putih telur (diambil dari 6 btr putih telur)
10 gr gula
Pewarna  makanan secukupnya

Adonan putih telur:
5½  btr putih telur (sisa dari dekorasi)
70 gr gula

Filling:
Sesuai selera, bisa whipcream, ice cream, pasta/selai, dll
Buah kaleng atau buah segar

Perlengkapan:
Manual >> Siapkankan selembar parchment paper/kertas roti sesuai ukuran loyang. Mulailah menggambar desain yang diinginkan dengan sebuah ballpoint (jangan gunakan pena yang tintanya merembes ke sisi belakang kertas). Setelah selesai balikkan kertas, oles sedikit minyak agar gambar yang ada disebaliknya lebih terlihat jelas. Letakkan kertas roti berdesain di dasar loyang. Bila perlu selotip/plester sisa pinggiran kertas roti ke dinding loyang agar tidak bergeser.

Cara membuat:
1. Siapkan loyang ukuran 26x35 cm, oles dengan margarin, alas dengan kertas roti yang sudah dilukis dengan motif yang diinginkan. Lalu diatasnya alas dengan kertas roti polos. Kocok kuning telur dengan 20 gr gula hingga pucat, tambahkan susu cair dan minyak, aduk perlahan hingga rata. Ayakkan tepung terigu dan maizena sedikit-sedikit dan aduk rata. Sisihkan.
2. Ambil 30 gr adonan, beri pewarna sesuai selera.
3. Kocok bahan tambahan dekorasi hingga soft peak, lalu tambahkan ke adonan kuning telur yang sudah diberi pewarna, aduk rata.
4. Masukkan adonan dekorasi ke dalam plastik segitiga dan mulai membuat motif. Bila terdiri dari beberapa warna, mulailah dari warna pertama lalu oven selama 1 menit pada suhu 170 °C. Keluarkan, lalu mulai melukis dengan warna kedua, oven lagi 1 menit, begitu seterusnya hingga seluruh motif selesai.
5. Kocok adonan putih telur hingga kaku, campurkan ke adonan sisa kuning telur, aduk rata. Tuang ke atas loyang yang sudah dilukis. Ketuk-ketuk bagian bawah loyang untuk mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap di dalam adonan. Oven selama 12 – 13 menit (saya 15 menit) pada suhu 180 °C.
6. Setelah permukaannya kuning keemasan (kalau perlu 5 menit terakhir taruh loyang di rak atas), keluarkan dan dinginkan. Balik cake diatas selembar kertas roti. Lepaskan kertas roti bagian atas (bagian bermotif), hati-hati melepaskannya karena mungkin saja ada beberapa motif yang terangkat karena menempel pada kertas roti dasar (bila perlu, sebelum mendekorasi, olesi sedikit margarin/minyak pada permukaan kertas roti yang akan digambar). Balikkan kembali. Oleskan permukaan dengan filling, tata potongan buah segar diatasnya. Gulung. Simpan di dalam lemari es sebelum dipotong.

Itu lah resep membuat bolu gulung, yang unik dan menarik...
Semoga bermanfaat... sampai jumpa di lain kesempatan....
Wassalamu'alaikum....

5 komentar:

  1. Thank you atas resepnya. Aku sudah coba, enak banget, udah coba banyak resep bolu gulung, cm ini yang paling bagus resepnya dan gak perlu emulsifer segala :). Cm buat motifnya masih belepotan. Untuk titik2 kecil begitu ada tipsnya gak? Soalnya sampai nunggu selesai menggambar motif meleber gitu kl punya saya.

    BalasHapus
  2. http://goo.gl/MMgId0
    thanks infonya keren ..

    BalasHapus
  3. Untuk cara membuat no. 2, 3 & 5 membingungkan . Setelah diberi warna sesuai selera, lalu bahan tambahan dekorasi yg sdh di mixer dimskan, sdgkan Sdh dibagi" adonannya dgn pewarna u/ decor. Tolong penjelasannya. Thx

    BalasHapus
  4. itu nunggu dingin baru dilepas ya mbak?

    BalasHapus